17
Des
07

Menjalankan Diet yang Sehat

Beberapa poin yang bisa dijadikan pegangan untuk melakukan diet.

1. Jangan melakukan diet ketat. Diet ketat, oleh banyak orang diartikan sebagai pengurangan asupan makanan atau pun minuman yang mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi tubu. Tubuh membutuhkan nutrisi-nutrisi yang penting untuk perkembangan sel-sel. Pengurangan asupan gizi semacam itu memang membuat tubuh mengeci. Dalam pandangan dunia kedokteran, bagian dalam tubuh orang tersebut sangat buruk. Susunan atau organ tubuhnya terganggu. Bahkan karena diet yang terlalu ketat, orang bisa sakit dan diserang penyakit (kekurangan gizi atau nutrisi).

2. Jangan menurunkan kalori secara drastis. Kalori diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun. Kalori mempunyai fungsi sebagai tenaga. Pengurangan jumlah kalori akan membuat sumber tenaga untuk melakukan pergerakan menurun sehingga membuat tubuh malas melakukan aktivitas. Jadi sebaiknya pengurangan makanan-makanan yang mengandung kalori harus secara bertahap agar tubuh tidak terlalu drop karena kekurangan tenaga.

3. Mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Orang yang ingin melakukan diet, harus sama sekali menghindari lemak pada binatang (hewani). Caraterbaik untuk tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak adalah mengurangi takarannya, setelah itu jangan lupa konsumsi juga sayur dan buah-buahan.

4. Makan malam sebelum malam. Batasan paling baik adalah jam 7 malam karena semakin malam orang makan, orang itu akan malas melakukan gerakan-gerakan. Makanan-makanan yang dimakan tidak akan diolah lagi secara maksimal, nutrisi-nutrisi yang tidak terolah tersebut akan mengendap pada jaringan dibawah kulit yang akan membuat tubuh orang membengkak (gemuk). Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat membantu proses pembakaran nutrisi-nutrisi tersebut.

5. Perbanyak minum air putih. Air mendorong dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Itu berarti proses metabolisme tubuh bisa tidak berjalan dengan baik kalau tubuh kekurangan air. Air juga menjaga kulit dari kekeringan, menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

6. Banyak makan buah dan sayur. Semakin banyak orang mengkonsumsi buah dan sayur, semakin cepat proses pencernaannya berjalan dan lambung bersih dari kotoran-kotoran yang mengendap.

7. Makan camilan yang benar. Jika orang terlalu banyak makan camilan, tubuh orang itu bakal cepat membengkak karena camilan mengandung kalori yang cukup besar. Jadi perlu ada pengaturan sehingga nutrisi camilan yang kita makan dapat membantu proses metabolisme tubuh.


0 Tanggapan to “Menjalankan Diet yang Sehat”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


Desember 2007
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Recent Entries